Sabtu, 07 Maret 2015

Yuk, Ajak Anak Berburu Durian di Sekitar Jogja

Anda yang berdomisili di Jogja biasanya akan menuju jalan Magelang atau depan GOR UNY untuk berburu durian ketika musim durian tiba. Akan tetapi, ternyata ada beberapa lokasi berburu durian yang seru di sekitar Jogja. Sembari mencicipi kelezatan si buah berkulit duri, Anda pun bisa mengajak anak untuk melakukan hal -hal seru. Mumpung masih musim durian, Anda bisa mencoba meluangkan akhir pekan Anda untuk berkunjung ke spot perburuan durian berikut.
pasar durian jembatan gantung duwet kalibawang kulonprogo jogja

Pasar Durian Jembatan Gantung Duwet
Setiap musim durian tiba, setiap kali melintas di dekat Jembatan Gantung Duwet yang berada di perbatasan Ngluwar, Magelang dan Kalibawang, Kulonprogo, Anda akan menemukan jajaran pedagang yang menjajakan gunungan durian yang diambil dari petani di sekitar Kalibawang. Lokasi ini terbilang cukup menarik karena Jembatan Gantung Duwet sendiri merupakan jembatan gantung buatan Belanda yang melintas di atas tebing Sungai Progo. Jembatan gantung yang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua merupakan salah satu benda cagar budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda cukup mengikuti jalan aspal di tepi Selokan Mataram menuju barat. Begitu jalan aspal di tepi selokan habis, Anda tinggal belok ke kiri dan Anda akan menemukan pertigaan. Di pertigaan tersebut, Anda harus belok ke kanan dan terus menyusuri jalan hingga menemukan Selokan Mataram sekali lagi. Anda akan menemukan jalan aspal pinggir selokan yang bisa Anda telusuri hingga menemukan turunan berkelok dan jembatan gantung yang dimaksud. Anda akan langsung disambut dengan aroma khas durian berikut tumpukan buahnya yang menggiurkan. Selama perjalanan, Anda bisa mengajak anak untuk menikmati pemandangan sawah dan selokan beserta kegiatan yang dilakukan di sekitarnya. Jika beruntung, Anda dan anak Anda mungkin akan menemukan kawanan burung blekok yang mencari makan di sawah. Terkadang ada kerbau dan sapi yang melintas setelah membajak sawah. Pemandangan yang mungkin jarang ditemukan oleh anak yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo
Banjaroya boleh dikatakan sebagai sentra durian Kulonprogo dengan varietas duriannya yang khas, yakni durian Menoreh Kuning dan durian Menoreh Jambon yang terkenal akan kelezatannya. Festival durian kerap diadakan di Rest Area Pasar Bendo setiap musim durian tiba. Akan tetapi, Anda tak akan sulit menemukan lapak penjual durian di sepanjang jalan Magelang-Wates di area Kalibawang khususnya Banjaroya. Anda tak perlu ragu mengajak anak untuk berburu durian di tempat ini karena Anda bisa mengajak anak Anda untuk melihat bendungan Ancol yang tak jauh dari Banjaroya. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Puncak Suroloyo melalui jalan yang tepat berada di samping Rest Area Pasar Bendo. Jika beruntung, Anda bisa melihat Candi Borobudur yang berada di kejauhan. Tak jauh dari Puncak Suroloyo, Anda juga bisa mengajak anak untuk basah-basahan di Curug Sidoharjo dengan guyuran air dari ketinggian kurang lebih 30 meter yang masih cukup sepi pengunjung.
durian pathuk gunung kidul jogja

Pathuk, Gunung Kidul
Lokasi populer lain di Jogja untuk berburu durian adalah daerah Pathuk. Tak sulit menemukan penjual durian yang membuka lapak di pinggir jalan Jogja-Wonosari. Pathuk sendiri juga terkenal akan durian unggulan yang bernama Kencana Rukmi yang biasanya dihasilkan di Desa Putat. Anda tak perlu ragu mengajak anak Anda untuk berburu durian di tempat ini karena anak juga bisa diajak untuk menghabiskan akhir pekan di Embung Nglanggeran atau bahkan Gunung Purba Nglanggeran. Selain itu, tidak ada salahnya mengajak anak untuk mengenal alam lebih dekat dengan melintasi sawah, ladang, dan sungai untuk menuju air terjun Kedung Kandang dengan banyak tingkatan airnya yang letaknya tak jauh dari Geowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Dalam hitungan tahun, Anda pun mungkin bisa menikmati kelezatan durian yang dipanen dari Gogor Park yang juga berada di wilayah Pathuk.

Kebun Buah Mangunan
Lokasi perburuan durian yang satu ini mungkin sudah cukup akrab di telinga masyarakat Jogja. Banyak warga Jogja yang menjadikan Kebun Buah Mangunan sebagai untuk dituju ketika musim durian tiba di bulan Januari-Februari. Kebun buah yang terletak di Dlingo, Bantul ini menyediakan berbagai wahana ramah anak sehingga orangtua tak perlu ragu untuk mengajak anak dalam prosesi perburuan durian. Selagi orangtua menikmati lezatnya durian hasil kebun Mangunan, anak-anak bisa bersenang-senang di area kemah, arena outbond, kolam renang, sarana outbond, arena bermain, dan bahkan peternakan. Anda bisa mengajak anak untuk berkenalan lebih dekat dengan alam tanpa melewatkan kelezatan si raja buah.

Raja Durian Jogja
Tak jauh dari kota Jogja, Anda bisa menemukan Raja Durian yang menawarkan durian untuk pembelian grosir dan eceran. Raja Durian Jogja beralamat di Kamal Wetan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Jogja. Ketika musim durian tiba, Anda akan menemukan tumpukan durian dengan beragam ukuran dan kualitas. Anda tak perlu khawatir membeli durian dengan kualitas yang kurang memuaskan karena penjual akan mengganti durian yang dirasa kurang sesuai dengan yang baru. Tempat yang nyaman dilengkapi meja, bangku, dan bahkan minum menjadi kelebihan Raja Durian selain kejujuran penjual mengenai kualitas buah.
raja durian kemal wetan margomulyo seyegan sleman jogja 1

Harga yang dipatok sebanding dengan rasa dan kualitas durian yang ditawarkan. Mengingat tempat ini sering dijadikan tempat kulakan penjual durian di kota Jogja, tak mengherankan jika Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga durian di kota. Raja Durian tak hanya menjual buah durian utuh karena Anda juga bisa membeli durian tanpa kulit, daging buah durian kiloan, dan bahkan pancake durian yang sudah disimpan dalam lemari pendingin. Anda bisa menghubungi 087739220086 untuk informasi lebih lanjut.

raja durian kemal wetan margomulyo seyegan sleman jogja 2

Nah, Pathuk, Pasar Durian Jembatan Gantung Duwet, dan Banjaroya merupakan lokasi favorit penyuka durian yang ingin menikmati kelezatan durian dengan harga yang terbilang miring. Tentu Anda harus pintar-pintar menawar untuk mendapatkan harga murah untuk sebutir durian incaran.

1 Komentar:

  1. Strategi yang ampuh & efektif dalam Meningkatkan Penjualan Produk Barang bisa memakai berbagai cara, sistem dan inovasi. Mohon ijin share beberapa Cara Efektif Meningkatkan Penjualan

    BalasHapus