Jumat, 06 Oktober 2017

,

Boleh Nyebur di Air Terjun Kedung Pedut, Kulonprogo

Wisata Kulonprogo menyimpan harta karun tersembunyi yang akhir-akhir mulai terkuak dan salah satunya adalah air terjun Kedung Pedut yang berlokasi di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun ini menjadi lokasi sempurna bagi orang tua yang ingin mengajak anak untuk menceburkan diri ke dalam kolam alami yang ada sekaligus menikmati air terjun yang mengalir deras.
wisata anak air terjun kedung pedut girimulyo kulonprogo jogja yogyakarta

Jangan lupa membawa handuk, pakaian ganti, jaket, dan bekal karena perjalanan di area air terjun sudah seperti penjelajahan kecil yang menyenangkan. Alas kaki dengan sol yang tidak licin sebaiknya dipakai karena jalan setapak di area air terjun bisa sangat licin terutama di musim hujan.

Jembatan Bambu
Keindahan air terjun Kedung Pedut dikelola oleh warga setempat menjadi lokasi wisata. Tak heran jika kemudian pengunjung bisa menemukan banyak sentuhan alami dalam pengerjaan fasilitas pendukung wisata termasuk jembatan dan pagar mengingat perjalanan menuju dan menjelajahi area air terjun mengharuskan Anda untuk menyusuri jalan setapak di lereng bukit yang penuh pepohonan hijau.
jembatan bambu air terjun curug kedung pedut girimulyo kulonprogo wisata anak jogja yogyakarta

Bahan bambu digunakan untuk membangun beberapa jembatan yang membantu pengunjung menyeberangi sungai dan bahkan kolam. Selain menjadi spot unik untuk berfoto, jembatan bambu juga akan memberikan pengalaman yang unik saat menyeberanginya. Ini saatnya menggandeng tangan anak atau memintanya berhati-hati agar menyeberang dengan aman.

Mengenal Alam
Perjalanan di area air terjun Kedung Pedut tak melulu soal main air karena Anda dan anak Anda akan banyak belajar mengenai alam. Sepanjang jalan Anda mungkin akan menemukan hal-hal menarik yang bisa Anda bagi pada anaknya. Siput-siput tak malu beringsut di bangku-bangku bambu yang basah setelah hujan turun.
mengenal alam keong emas di curug kedung pedut kulonprogo wisata anak yogyakarta

Di tengah jalan, Anda bisa pula menemukan pohon aren yang penuh manfaat. Anak Anda mungkin belum tahu bahwa air sadapan bunga aren adalah bahan untuk membuat gula merah. Anda bisa pula menerangkan bahwa kolang-kaling sedap yang ada dalam kolak sejatinya adalah buah aren yang juga dikenal sebagai buah atap.
air terjun curug kedung pedut girimulyo kulonprogo yogya wisata anak

Lihat sekitar dan Anda bisa berbagi banyak hal dengan anak mengenai alam selama berada di Kedung Pedut. Termasuk membuang sampah di tempat sampah yang disediakan dengan royal di berbagai sudut oleh pengelola.

Beberapa Kolam dan Air Terjun
Nah, saatnya menikmati daya tarik utama area wisata anak yang satu ini, air. Kedung Pedut sendiri terdiri atas beberapa air terjun kecil dan besar yang memanjakan mata apalagi dengan airnya yang berwarna seperti kabut toska tipis. Saat musim penghujan tiba, air mengalir deras menuju kolam yang satu dan kolam selanjutnya. Ya, ada beberapa kolam yang ada di area Kedung Pedut. Air sewarna kabut (Jw: pedhut) dan kolam-kolam (Jw: kedhung) sedikit banyak menjadi inspirasi penamaan lokasi wisata ini.
kolam air terjun kedung pedut girimulyo kulonprogo wisata anak jogja

Biasanya Anda mungkin merasa was-was akan keamanan anak saat bermain air di air terjun. Anda tak perlu khawatir karena anak aman bermain air di kolam bawah. Kolam ini bahkan dilengkapi dengan persewaan ban dan jaket pelampung. Jika Anda mengizinkan, anak-anak bisa pula melompat dari semacam panggung tinggi yang dibangun pengelola. Lelah bermain air, Anda sekeluarga bisa duduk-duduk di bangku bambu sembari menikmati bekal sebelum pulang. Jika tidak membawa bekal, ada penjual makanan yang menggelar lapak di dekat pintu masuk area Kedung Pedut.
Jadi, mari bertualang, nak!

0 Komentar:

Posting Komentar